Komputer Grafik
Langkah Umum Algoritma membuat Garis:
- Algoritma DDA.
- Algoritma Bresenham.
- Algoritma Lingkaran.
Algoritma Bresenham
Algoritma garis Bresenhem adalah algoritma konversi
penambahan nilai integer.
Langkah - Langkah Pembentukan Garis Menurut Algoritma
Bresenham :
- Menentukan titk awal dan akhir
Titik awal (x1,y1)
Titik akhir (x2,y2) - Perubahan Posisi (Steps)
untuk menentukan nilai Dx / Dy:
Dx = x2 - x1
Dy = y2 - y1
untuk menentukan P awal:
P = (2 * Dy) - Dx - Perulangan (Tergantung hasil dari langkah ke-2).
~ Jika P < 0, maka x = x + 1 dan y tetap.
menentukan P selanjutnya P = P+ (2* Dy).
~ Jika tidak maka x = x +1 dan y = y + 1.
menentukan P selanjutnya P = P + 2 * (Dy- Dx).
Note:
Untuk menggambar harus dibulatkan.
~Implementasi Algoritma Bresenham menggunakan Visual Studio 2015~
Hasil
Source Code
Source Code Lengkap :
===> Download <===
Sekian Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar